PELANGGARAN
E-BUSSINES DI TRIVAGO

Disusun Oleh :
Garuda Kusmanto Putra
3EA27
14214466
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Globalisasi
merupakan sebuah fenomena di mana negara-negara di dunia secara langsung maupun
tidak langsung mengharapkan terjadinya sebuah interaksi antara masyarakat yang
jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan saat-saat sebelumnya. Proses
interaksi dan komunikasi antar negara-negara akan jauh lebih intens
dibandingkan dengan apa yang selama ini pernah terjadi. Keadaan seperti ini
menjadi suatu kenyataan bahwa globalisasi telah membuka isolasi batasan antar
negara-negara yang selama ini berlaku terutama untuk hal-hal yang berhubungan
dengan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan hukum akibat sedemikian cepat dan
akuratnya informasi mengalir dari suatu tempat ke tempat yang lain.
Perkembangan
bisnis telah berkembang pesat di kalangan perusahaan. Perusahaan harus
mempunyai etika dalam berbisnis. Etika bisnis
dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk
suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai
kemampuan menciptakan nilai yang tinggi. Biasanya dimulai dari perencanaan
strategis, organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh
budaya perusahaan yang handal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara
konsisten dan konsekuen.
Perkembangan teknologi komputer, telekomunikasi dan
informasi telah berkembang sangat pesat di era sekarang ini. Dengan
meningkatnya pengetahuan masyarakat dan rasa ingin tahu yang sangat besar
mengenai bidang ini, serta maraknya fasilitas yang ada sehingga masyarakat
dapat dengan mudah mempelajari teknologi komputer. Melalui internet, transaksi
perdagangan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Perdagangan atau
transaksi melalui internet lebih dikenal dengan e-commerce. Internet selain memberi manfaat
juga menimbulkan efek negatif.
Kemajuan teknologi komputer, teknologi informasi,
dan teknologi komunikasi menimbulkan suatu tindak pidana baru yang memiliki
karakteristik yang berbeda dengan tindak pidana konvensional. Penyalahgunaan
komputer sebagai salah satu dampak dari ketiga perkembangan tersebut tidak
terlepas dari sifatnya yang khas sehingga membawa persoalan baru yang agak
rumit untuk dipecahkan, berkenaan dengan masalah. Kejahatan komputer
berhubungan dengan kode etik profesi karena masih dalam konteks profesi yaitu
dalam hal ini di bidang IT. Yang kemudian meningkat menjadi tindak kejahatan di
dunia maya atau dikenal sebagai cybercrime. Hal ini jelas juga mengganggu
jalannya dunia bisnis di cyberspace dimana banyak pengguna yang sangat
dirugikan. Berdasarkan uraian diatas makan penulisan ini
bermaksud untuk membahas tentang “PELANGGARAN E-BUSSINES PADA TRIVAGO”
1.2 Rumusan Masalah
Dalam hal ini berdasarkan latar belakang yang
diuraikan di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimanakah pelanggaran e-bussines di trivago ?
2.
Bagaimana dampak negatif dan pencegahan daeri kejahatan
e-commerce?
3.
Bagaimana keunggulan dan kelemahan trivago di banding startup
sejenisnya ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut
:
1. untuk
mengetahui pelanggaran e-bussines di elzatta
2. untuk
mengetahui dampak negatif dan pencegahan dari kejahatan e-commerce
3. untuk
mengetahui keunggulan dan kelemahan trivago di banding startup sejenisnya
BAB II
TELAAH LITERATUR
2.1
Pengertian E-Business
Pengertian
e-Business atau electronic-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan
secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi
elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan
sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan
fleksibel. Ebusiness juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan daan melayani kepuasan
pelanggan secara lebih baik
2.2 Kelebihan
dan Kelemahan E-Business
Kelebihan :
-
Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan
tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
- Dapat meningkatkan market exposure (pangsa
pasar).
- Menurunkan biaya operasional (operating
cost).
-
Melebarkan jangkauan (global reach).
-
Meningkatkan customer loyalty.
-
Memperpendek waktu produksi.
-
Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Kelemahan :
-
Pencurian informasi rahasia yang berharga.
-
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan (non-teknis).
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
apabila reputasi perusahaan dijatuhkan pihak lain.
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang
tidak berhak.
- Kerugian yang tidak terduga (kesalahan
manusia atau sistem elektronik).
2.3
Pengertian Trivago
Trivago
adalah situs pencari hotel, b&b dan akomodasi lainnya. Saat ini situs
trivago dapat membandingkan harga lebih dari 900.000 hotel di lebih dari 250
situs booking seperti Expedia, Booking.com. Ketika pengguna memasukkan kriteria
pencarian mereka (harga, lokasi, spa, ramah hewan peliharaan, dsb), robot
pencari trivago menyisir semua penawaran online untuk disajikan kepada pengguna
dengan tujuan memberikan perbandingan penawaran yang sesuai dengan kriteria
yang mereka inginkan. Ketika pengguna mengklik pada penawaran yang ditampilkan,
mereka akan diarahkan secara langsung ke situs pemesanan yang dipilih untuk
melengkapi proses reservasi. Karena trivago mendapatkan keuntungan dengan basis
per-klik, maka pengguna memiliki akses di situs trivago secara gratis.
2.4 Fungsi
Dari aplikasi Trivago
Trivago
adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari serta memesan hotel,
jadi fungsinya adalah ntuk melakukan pencarian dan melakukan perbandingan
terhadap harga hotel.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pelanggaran E-Bussines di Trivago
Masih banyak orang yang tertipu karena semua gambar
yang ada di trivago tidak seperti aslinya karena foto diambil lalu kemudian di
edit di computer sehingga tidak seperti aslinya.dan Membaca review / testimoni adalah maksimal.
Kelemahannya setiap alternatifer yang memesan hotel online bebas dan leluasa
untuk memberikan testimoni pada hotel tersebut, hampir tidak ada proses
penyaringan, berarti bebas menulis apa saja atau bahkan yang mungkin sengaja
memberikan komentar terlalu berlebihan lalu jika memesan hotel dan melakukan
pembayaran melalui kartu kredit tetapi kita tidak dating atau membatalkan maka
kartu kredit kita akan di debitkan oleh pihak hotel dimana kita memasannya dan
masih banyak orang yang yang suka memberikan testimoninya yang tidak sesuai
dengan kenyatan.
3.2 Dampak
negative dan Pencegahan kejahatan e-commerce
Kehilangan segi finansial secara langsung karena
kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening
lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
• Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan
yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak
yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
• Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan
pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik
tiba-tiba padam.
•Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak
berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan.
Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya
sendiri.
• Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini
karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh
pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
• Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh
gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang
tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan
sistem elektronik.
Pencegahan
Kejahatan E-Commerce
Upaya penanggulangan kejahatan e-commerce sekarang ini
memang harus diprioritaskan. Indonesia harus mengantisipasi lebih berkembangnya
kejahatan teknologi ini dengan sebuah payung hukum yang mempunyai suatu
kepastian hukum. Urgensi cyberlaw bagi Indonesia diharuskan untuk meletakkan
dasar legal dan kultur bagi masyarakat indonesia untuk masuk dan menjadi pelaku
dalam pergaulan masyarakat yang memanfaatkan kecanggihan dibidang teknologi
informasi. Adanya hukum siber (cyberlaw) akan membantu pelaku bisnis dan
auditor untuk melaksanakan tugasnya.
Cyberlaw memberikan rambu-rambu bagi para pengguna
internet. Pengguna internet dapat menggunakan internet dengan bebas ketika
tidak ada peraturan yang mengikat dan “memaksa”. Namun, adanya peraturan atau
hukum yang jelas akan membatasi pengguna agar tidak melakukan tindak kejahatan
dan kecurangan dengan menggunakan internet.
* Bagi auditor, selain menggunakan standar baku dalam
mengaudit sistem informasi, hukum yang jelas dan tegas dapat meminimalisasi
adanya tindak kejahatan dan kecurangan sehingga memberikan kemudahan bagi
auditor untuk melacak tindak kejahatan tersebut.
*Adanya jaminan keamanan yang diberikan akan
menumbuhkan kepercayaan di mata masyarakat pengguna sehingga diharapkan
pelaksanaan e-commerce khususnya di Indonesia dapat berjalan dengan baik.
3.3
Kelebihan dan Kelemahan Trivago
Kelebihan aplikasi Trivago
· Trivago
memfasilitasi pencarian hotel di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Beragam
hotel di kota yang menjadi destinasi wisata populer seperti Ubud, Malang,
Gianyar, Medan, Palembang, Tangerang, Semarang, Seminyak dan beberapa kota
besar lainnya bisa diakses melalui startup metasearch travel yang satu ini.
·
Dengan menggunakan Trivago, kita bisa melakukan filtering terhadap jenis hotel
yang kita inginkan. Fitur filter tersebut mempermudah kita memilih hotel
berdasarkan harga, jarak dengan destinasi wisata sekitar serta fasilitas yang
disediakan oleh hotel tersebut. Fasilitas hotel yang bisa kita dapatkan juga
sangat detail, mulai dari jumlah kamar hingga fasilitas lainnya seperti double
bed, hotel yang memperbolehkan pelanggan membawa binatang peliharaan dan
informasi rinci lainnya.
·
Review mengenai hotel di Trivago dilengkapi dengan banyak foto yang bisa
meyakinkan kita tentang konsep hotel mana yang paling cocok dengan keinginan
kita. Review tersebut di update Trivago secara real time sesuai dengan kondisi
terkini di hotel yang direkomendasikan.
·
Tidak hanya memberikan informasi lengkap mengenai hotel-hotel di destinasi
wisata, Trivago juga memiliki fitur view deal yang memudahkan kita untuk
melakukan proses booking hotel. Fitur view deal secara langsung terintegrasi
dengan #website hotel atau booking website yang sudah diberi tanggung jawab
langsung oleh pihak hotel
Kekurangan aplikasi trivago
Kekurangan aplikasi ttrivago adalah, hasil
yang ditampilkan Trivago belum mencakup semua situs agen perjalanan populer di
Indonesia. Oleh karena itu disarankan agar kita tetap mengecek situs lain
sebagai pembanding untuk mendapatkan harga terbaik.
*Semua foto kamar dan sekeliling properti
diambil dan dimasukkan ke sistem oleh pihak hotel, sehingga dengan trik
pengambilan gambar, lensa kamera atau di edit di komputer, bisa jadi membuat
tampilan gambar lebih wah dan berbeda dengan kenyataan sebenarnya.
*Komunikasi teknis, saat tiba di hotel
reservasi anda belum ada di meja resepsion dan ini hanya masalah teknis,
mungkin reservasi masih belum di print-out, masih berada pada bagian.
Reservasi or tercecer, jadi sebelum datang
lebih dianjurkan lagi ke pihak hotel.
*Klasifikasi hotel hampir semua dari bintang
1 sampai 5, karena hotel-hotel bertarif rendah seperti losmen. Homestay, guest
house dan bahkan hostel kenyataanya hanya hotel melati (non bintang).
*Membaca review / testimoni adalah maksimal.
Kelemahannya setiap alternatifer yang memesan hotel online bebas dan leluasa
untuk memberikan testimoni pada hotel tersebut, hampir tidak ada proses
penyaringan, berarti bebas menulis apa saja atau bahkan yang mungkin sengaja
memberikan komentar terlalu berlebihan.
*Hotel bertarif rendah sering mendapat
testimoni yang kurang menyenangkan karena hotel memiliki fasilitas dan layanan
lebih minim. Yang kurang tentu harga murah harganya lima tapi bisa sampai hotel
bintang lima, dan harus disadari lagi harga.
* Kartu kredit bisa saja hanya sebagai
garansi saja, tapi jika anda melakukan pembatalan atau sampai tidak datang,
kartu kredit anda bisa dibebit oleh pihak hotel, untuk itu perlu dicobakan
syarat dan ketentuan berlaku sebelum melakukan pemesanan, karena setiap hotel
memiliki regulasi yang berbeda
KESIMPULAN
Pengertian
e-Business atau electronic-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan
secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi
elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan
sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan
fleksibel. Ebusiness juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan daan melayani kepuasan
pelanggan secara lebih baik.Oleh
karena itu pihak dari trivago harus lebih memperhatikan setiap orang yang
memberikan testimony,dan semua foto yang pasang di aplikasi trivago harus
sesuai dengan aslinya karena dengan itu bisa meningkatkan pemesanan melalui
trivago
Daftar Pustaka
Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 23 No. 1
Juni 2015| administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
trivago.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar